Cara Pasang Iklan Google Adsword Mudah Untuk Pemula

pasang-iklan-google-adwords

Punya bisnis namun belum diiklankan melalui google ads?  Kalau belum, ada hal yang terlewatkan yaitu cuan. Perlu diketahui bahwasannya pebisnis semakin banyak yang mempromosikan produk atau jasa melalui google ads. Bahkan mayoritas pebisnis yang mengiklankan lewat google adalah bisnis-bisnis besar. Oleh karena itu sangat disayangkan jika sebuah bisnis tidak di pasang iklan google adwords. Karena manfaat dari google Adwords sendiri sangat banyak. 

Bagi pemula, istilah google adwords sendiri pastinya asing bahkan belum tahu bagaimana cara untuk menjalankannya. Namun setelah membaca artikel ini diharap bisa melakukan pemasangan iklan. Karena ada cara mudah dan lengkap yang bisa dilakukan oleh seorang pemula. Bahkan ada trik khusus yang bisa dilakukan untuk menjalankan iklan melalui google dengan hasil yang baik bagi seorang pemula. 

Persiapan Pasang Iklan Google Adwords

Potensi untuk mendapatkan lebih banyak customer bisa dilakukan melalui iklan Google Ads. Bahkan rata-rata konversi yang didapatkan setelah menjalankan iklan google Adswords tentu saja akan meningkat. Dengan manfaat yang banyak maka membuat iklan google menjadi solusi terbaik saat memiliki bisnis. Jika ingin pasang iklan google adwords ada beberapa hal yang tentu saja perlu untuk dipersiapkan. 

Dengan persiapan yang baik dan matang, menjalankan iklan pun bisa sesuai dengan harapan. Supaya menjalankan iklan google ads lebih cepat, persiapkan beberapa hal dibawah ini. 

1. Siapkan nama bisnis

Untuk pasang iklan google, langkah awal yang harus dilakukan adalah membuat nama bisnis. Umumnya ini berkaitan dengan nama toko yang akan diiklankan. Nama ini menjadi peran yang sangat penting. Sebab dalam proses pendaftaran google Adword seorang pebisnis diwajibkan untuk mengisi identitas bisnis.

2. Pahami tujuan dalam beriklan

Sebelum pasang iklan google adwords pastikan juga untuk mengetahui tujuan dari promosi tersebut. Sebagai tips, perlu dipahami juga sales funnel untuk menentukan tujuan dalam beriklan. Seperti awareness yang mana menjadikan audience mudah mengenal dan mempelajari brand. Action, dimana pelanggan memiliki potensial untuk melakukan kegiatan transaksi. Berbeda lagi dengan decision yang mana mendapatkan pelanggan potensial untuk membeli produk. 

3. Lakukan riset keyword

Jika sudah menentukan tujuan dalam iklan, hal berikutnya yang harus dilakukan adalah riset keyword.Keyword memiliki peran yang sangat penting dalam pemasangan iklan di google. Karena keyword yang relevan memungkinkan ads mudah di temukan oleh target audience. 

Untuk menggunakan keyword pertimbangkan terlebih dahulu berdasarkan volume pencarian, tingkat kesulitan keyword, saran kata kunci hingga SERP. Untuk mempermudah kegiatan iklan google, pilihannya ada dengan keyword tools, search trend dan google keyword planner. 

4. Miliki website

Yang wajib juga dimiliki dalam menjalankan iklan google adalah website. Hal ini karena iklan google langsung terhubung dengan website. Dimana audience yang melakukan klik akan terarah ke dalam website. Membuat website sendiri tidaklah mudah, namun kini bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja. Karena saat ini sudah banyak jasa pembuatan website yang dapat diajak kerja sama. 

Cara Pasang Iklan Google Adwords

Setelah memiliki website, bisa dilanjutkan dengan praktik pasang iklan di google langsung. Namun jika belum mengetahui cara dalam beriklan ada beberapa hal yang tentu saja dapat dilakukan. Adapun cara mudah untuk menjalankan iklan adalah sebagai berikut ini. 

1. Buka Google Ads

Pertama yang perlu dilakukan dalam menjalankan iklan google ads adalah membuka tombol get started. Jika sudah memiliki akun google maka akan diminta mendaftar google Adsense. Namun jika sudah maka bisa langsung ke tahap selanjutnya. 

2. Menentukan tujuan dalam beriklan

Ada beberapa tujuan iklan yang perlu untuk diketahui. Diantaranya ada dengan sales yang dapat meningkatkan penjualan di toko. Lead, dapat mendorong pelanggan untuk melakukan action misal dengan memberikan informasi kontak. Website traffic, menarik audience untuk mengunjungi website. 

Kemudian ada dengan produk and brand consideration ialah memperkenalkan bisnis kepada audience. Brand awareness, menjangkau lebih banyak audience. App promotion ialah meningkatkan jumlah install aplikasi hingga pendaftaran aplikasi. 

3. Pilih tipe kampanye

Setiap jenis iklan dari google ads memiliki desain berdasarkan tujuan. Adapun beberapa jenis iklan yang dapat digunakan saat iklan google ads. Search, memiliki tujuan untuk meningkatkan penjualan dan juga traffic website. Performance max, menampilkan aset iklan tertentu untuk sebuah campaign. 

Display, teks dan gambar yang akan muncul pada website aplikasi dan game untuk meningkatkan brand awareness. Shopping, untuk menampilkan katalog produk yang sedang ditawarkan. Video, iklan ini biasanya akan muncul di Youtube. Tentunya masih banyak lagi jenis iklan google yang bisa digunakan serta disesuaikan oleh masing-masing pengiklan. 

4. Tentukan lokasi penayangan

Tidak semuanya bisa diberi iklan namun semuanya juga bisa mendapatkan iklan. Namun untuk pemilihan lokasi ini haruslah disesuaikan dengan produk yang ditawarkan. Jika produk memang dapat dijangkau oleh seluruh masyarakat indonesia maka tidak ada salahnya pasang iklan dengan lokasi luas. Namun sebaliknya, maka perlu memilih lokasi seperti hanya pulau jawa atau satu provinsi saja dan lain sebagainya. 

5. Tentukan target audience

Dalam menentukan target audience tentu saja harus berhati-hati. Karena iklan memiliki potensial untuk muncul ke target audeince yang sesuai dengan peraturan. Memiliki target audience sendiri juga sangat menentukan keberhasilan kampanye pemasaran. Dengan audience yang berkualitas tentu saja tidak sia-sia telah menjalankan iklan. Apalagi jika iklan google sendiri membutuhkan biaya jangan sampai salah dalam persiapan. 

6. Tentukan budget iklan

Berikutnya yang perlu ditentukan adalah budget dalam beriklan. Budget minimal yang dikeluarkan minimal adalah 50rb. Ini juga bisa berubah tergantung dengan lokasi atau negara yang akan dibidik. Untuk bidding sendiri adalah anggaran untuk mengiklankan kata kunci tertentu dan berdasarkan fokus tertentu. Seperti dengan click, views dan masih banyak lagi. 

Namun saat pasang iklan google adwords, google akan mengatur penayangan iklan sesuai dengan anggaran yang ditetapkan. Bila anggaran yang ditetapkan rendah maka iklan kemungkinan akan jarang muncul. Namun sebaliknya jika biaya yang dikeluarkan tidak tanggung tanggung maka iklan bisa sering muncul. 

8. Buat iklan

Saatnya untuk menjalankan iklan. Yang perlu dipersiapkan diantaranya ada dengan headline, deskripsi, tombol CTA. Kemudian harus memperkirakan tampilan iklan di google melalui google di tab preview. 

9. Lakukan pembayaran

Setelah selesai melewati langkah diatas, tahap selanjutnya yang dilakukan adalah mengkonfirmasi pembayaran dan selesaikan transaksi. Tak lupa juga untuk melengkapi informasi pembayaran seperti bowling country, time zone, kode promo hingga data customer. Setelah semuanya terpasang maka pembayaran dapat dilakukan dengan manual atau otomatis. Setelah pembayaran selesai maka pasang iklan google adwords pun sudah selesai. 

Itulah beberapa hal yang dapat dilakukan dalam pasang iklan google adwords. Dengan proses yang jelas dan tepat maka beriklan menggunakan google pun akan lebih mudah. Namun jika merasa kesulitan tidak ada salahnya untuk menjalankan iklan melalui jasa google Adwords. Yang mana pastinya lebih paham dan berkompeten sehingga pebisnis cukup menikmati hasil akhirnya. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *